Seni Merawat Komputer Agar Lebih Awet & Tahan Lama

Komputer merupakan satu perangkat yang penting dalam pekerjaan kita. Komputer adalah perangkat elektronik yang cukup rentan dengan berbagai macam kondisi baik dari luar maupun dari dalam komputer itu sendiri. Namun apabila kita cerdas dalam merawatnya, jangan hanya menggunakannya saja tanpa melakukan maintenance. Maka komputer kita akan cenderung aman dan bertahan lama.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa teman – teman lakukan dalam rangka merawat komputer milik kita. Apa sajakah itu ? Yuk kita bahas bersama cara – cara yang bisa kita lakukan untuk maintenance atau merawat komputer agar lebih tahan lama.

Beberapa Tips Merwat Komputer

 

seni merawat komputer

1. Hidupkan dan matikan komputer anda dengan cara yang benar

Kalau menghidupkan (menyalakan) mungkin tidak banyak orang yang keliru, karena hanya dengan menekan tombol. Terkadang cara mematikan komputer sebagian orang ada yang belum mengerti cara yang benar. Komputer tidak seperti TV atau Radio yang bisa kita cabut kabel Powernya saja. Komputer dimatikan dengan cara “shut down”

2. Gunakan Sofware Original

Walaupun mahal minimal komputer system anda merupakan program yang memiliki lisensi yang resmi. Hal ini dipercaya akan membuat komputer anda tidak cepat rusak. Logikanya sebenarnya sulit dicerna. Namun mungkin berhubungan dengan update software. Rusak di sini bukan secara fisik namun secara sofware. Kalau kita gunakan original, kemungkinan eror sedikit dibandingkan kita gunakan yang bukan original.

3. Bersihkan file sampah

Komputer ternyata juga memiliki sampah. Apa yang termasuk sampah, kalau menurut saya. Software atau program yang tidak digunakan itupun termasuk sampah untuk saya. Karena akan mempersempit ruang penyimpanan yang membuat komputer membawa banyak muatan dalam bekerja. Selain itu ada juga komponen sampah registry dan chace. Untuk memudahkan anda, gunakan saja tools untuk maintenance yang berhubungan dengan ini.

4. Tempatkan di tempat yang tepat

Janganlah anda letakkan komputer di tempat yang lembab. Komputer terdiri dari komponen elektronik yang cukup rentan dengan kondisi sekelilingnya. Lembab akan menimbulkan jamur, jika komputer kita berjamur maka gampang sekali berkarat dan akhirnya berimbas pada kinerja komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *