Prinsip Sterilisasi Alat Medis

Prinsip Sterilisasi Alat Medis

Mikroorganisme yang menempel pada alat kesehatan tentu akan membahayakan pasien jika tetap digunakan. Untuk itu setiap alat kesehatan yang akan digunakan harus disterilkan terlebih dahulu agar semua bakteri dan mikroorganisme berbahaya yang masih menempel bisa hilang.

Bukan hanya alat kesehatan saja ruangan yang dipakai pun perlu secara rutin dilakukan sterilisasi. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan dalam proses sterilisasi ini seperti dengan pemanasan, radiasi atau dengan bahan kimia. Dan secara umum prinsip sterilisasi ini dibagi menjadi 3 kelompok yaitu sterilisasi secara mekanik, fisik dan kimiawi.

1. Sterilisasi secara mekanik

Sterilisasi ini dinamakan juga dengan filtrasi, yaitu dalam prakteknya adalah menggunakan saringan yang mempunyai pori sangat kecil guna menahan mikroorganisme yang ada. Bahan yang disterilkan dengan cara ini biasanya adalah bahan yang peka terhadap panas seperti larutan enzim atau antibiotic. Namun dengan cara ini tidak dapat membunuh virus, sehingga perlu dilakukan sterilisasi lagi dengan alat autoclave. Sebuah alat sterilisasi yang bisa membunuh berbagai jenis virus dan bakteri, autoclave ini sudah banyak digunakan diklinik atau rumah sakit, selain karena memang fungsinya yang sangat penting, untuk pengadaannya pun cukup mudah karena banyak toko alat kesehatan yang jual autoclave ini.

2. Sterilisasi secara fisik

Sterilisasi secara fisik ini biasanya dilakukan dengan cara pemanasan atau penyinaran. Untuk cara pemanasan ada yang dengan membakar langsung alat yang akan disterilkan pada api, ada juga yang menggunakan oven atau dinamakan dengan sterilisasi panas kering, adapula yang memanfaatkan uap air panas baik yang bertekanan atau tidak, untuk uap air panas yang bertekanan adalah dengan autoclave. Sedangkan cara penyinaran adalah dengan memanfaatkan sinar ultraviolet pada lampu UV.

3. Sterilisasi secara kimiawi

Senyawa desinfektan adalah yang umum digunakan dalam metode sterilisasi secara kimia, misalnya seperti alkohol. Agar daya disinfeksinya meningkat maka bisa ditambahkan dengan yodium.

Demikian tadi pembahasan mengenai beberapa prinsip yang digunakan dalam proses sterilisasi alat dan bahan medis. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *