Mari Mengenal Bagian – Bagian Komputer PC Dan Penjelasannya

Bukankah kita sering melihat komputer dengan beberapa bagiannya ? Ada dua jenis komputer di zaman ini. Komputer PC (Personal Computer) dan Laptop (Notebook). Kedua jenis komputer ini sebenarnya memiliki bagian atau komponen yang sama. Namun ukuran dan bentukany saja yang berbeda. Dan pada kesempatan ini, saya ingin sedikit berbagi ilmu sekedar untuk menambah wawsan kita mengenai bagian bagian komputer PC yang sering kita lihat.

Bagian/ Komponen Komputer

bagian -bagian-komputer

1. CPU (Central Porccessor System)

CPU ini letaknya di dalam. Kalau anda tahu kotak besar dimana terletak tombol untuk menghidupkan komputer. Di dalamnya terdapat rangkaian komputer dengan berbagai macam komponennya. Itulah central proccesor system yang dimaksud. Fungsinya apa ? Inilah mesin dari sebuah komputer. Berfungsi untuk melakukan proccessing terhadap semua perintah yang diberikan oleh penggunanya.

Di dalam sini terdapat banyak sekali komponen lain yang biasa kita sebut dengan hardware komputer. Ada motherboard, RAM, HDD, VGA Card dan lain sebagainya. Mesin komputer (CPU) ini memiliki input dan output. Komponennya akan kita bahas di nomor dua dan tiga.

2. Komponen Output (Display)

Komponen Output yang dimaksudkan di sini yaitu Monitor atau tampilan. Nah, kita tidak mungkin bisa mengoperasikan komputer tanpa melihat tampilan. Disinilah peran dari monitor komputer. Berfungsi untuk menampilkan gambar (display) dari semua software komputer yang berada di dalamnya. Dengan kompiter ini juga kita bisa melakukan berbagai macam pengaturan terhadap komputer.

3. Komponen Input (Keyboard & Mouse)

Selain komponen output, bagian – bagian komputer lainnya yaitu sistem input yang diperankan oleh keyboard dan juga mouse komputer. Lewat dua benda ini kita bisa menginput perintah, memasukkan tulisan dan angka dan juga melakukan perintah lainnya, copy, pasate, bahkan kita juga bisa menggambar dengan menggunakan kedua alat tersebut. Ada komponen input lainny selain keyboard dan mouse namun sifatnya aksesoris.

Itulah 3 macam komponen atau bagian kompter PC yang bisa kita lihat dari luar. Sebenarnya, laptop juga memiliki komponen yang sama dengan PC, hanya saja letaknya menjadi datu bagian. Mungkin ini saja yang bisa kami sampaikan di kesempatan kali ini, sekian semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *